Komisi XI DPR RI Sanjung Perekonomian Sulut

Asisten II Rudi Mokoginta SE MTP saat mewakili Pemprov Sulut menerima kunjungan Komisi XI DPR RI di SulutAsisten II Rudi Mokoginta SE MTP saat mewakili Pemprov Sulut menerima kunjungan Komisi XI DPR RI di Sulut

Manado-Kunjungan kerja spesifik Komisi XI DPR RI ke Sulawesi Utara yang dipimpin Melchias Markus Mekeng bertujuan mengawasi pertumbuhan ekonomi daerah.
Dalam pertemuan yang diadakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Jumat (07/04/2017) sore, Komisi XI mengajukan sejumlah pertanyaan ke pihak Pemprov Sulut yang diwakili Asisten II Rudi Mokoginta SE MTP.

"Bagaimana laju pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara saat ini," tanya Melchias.

Lebih lanjut Ketua Komisi XI dari Partai Golkar itu menanyakan langkah pemerintah daerah dalam mengatasi kemiskinan. "Mohon dijelaskan langkah-langkah yang diambil pemerintah daerah dalam mengatasi masalah kemiskinan," katanya.
Foto bersama dengan anggota Komisi XI DPR RI
Menanggapi pertanyaan itu, Asisten II yang didampingi Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Aldrin Anis SP MT menjawab dengan optimis."Pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2016 sebesar 5,50 persen. Adapun pertumbuhan ekonomi Sulut 6,40 persen. Jadi tingkat pertumbuhan ekonomi Sulut di atas nasional," katanya.

Terkait solusi yang dilakukan pemerintah daerah untuk mengatasi kemiskinan, Asisten II menyebutkan berbagai kebijakan yang merupakan inovasi daerah. Kebijakan itu adalah Jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin, Bea siswa miskin SD/MI dan SLTP/MT, Bantuan Operasional Sekolah SMA/SMK (BOSDA), Peningkatan infrastruktur dasar di 15 kabupaten/kota, Penciptaan SKIM kredit usaha mikro kecil tanpa agunan dan bunga lunak, Penguatan dan pengembangan usaha kecil menengah berbasis sumber daya lokal dan industri kreatif dan Pelatihan tenaga kerja bidang keahlian khusus (tukang las, bidan, montir, tenaga elektronik, koki dan pramusaji).

Penjelasan itu menarik perhatian Tim Komisi XI DPR. Mereka menyanjung lancarnya seluruh kebijakan Pemprov Sulut yang dinahkodai duet Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw itu disebabkan pertumbuhan ekonomi Sulut yang memuaskan bahkan di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Adapun tim Komisi XI DPR lainnya yaitu Ir H Achmad Hafisz Thohir (PAN), IGA Ray Wirajaya SE MM (PDIP), Ir. Andreas Eddy Susetyo, MM (PDIP), M Sarmuji SE MSi (Golkar), Aditya Anugrah Moha SKed (Golkar), H Wilgo Zainar (Gerindra), Drs H Syaiful Rasyid MM (Gerindra), H Rudi Hartono Bangun SE MAP (Demokrat), Drs Fathan (PKB), Bertu Merias (PKB), Krisna Mukti (PKB), H Ecky Awal Mucharam (PKS), Johnny G Plate SE (Nasdem), Dr Ahmad Hatari SE MSi (Nasdem) dan Fery Kase SH (Hanura). (tim/sulutonline)