Pencapaian Kinerja Keberhasilan 4 Tahun ODSK Dalam Dukcapil dan Kesehatan

Foto bersama saat HARGANASFoto bersama saat HARGANAS

Manado-Berbagai pencapaian terus diukir pemerintahan Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK) dalam kurun waktu Empat tahun memerintah Sulawesi Utara.

ODSK begitu serius memperhatikan kemajuan rakyat Sulut. Berbagai penghargaan terus ditorehkan diberbagai bidang.

Pun dalam pencapaian pada Dukcapil dan Dinas Kesehatan Sulut, setidaknya patut diacungi jempol menyusul kurun waktu yang singkat.
Gubernur Olly Dondokambey menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana oleh Menko Bidang PMK dari BKKBN di event Hari HARGANAS Ke-XXVI di Kalimantan Selatan pada tanggal 6 Juli 2019.
Sebut saja dalam kegiatan Skala Nasional:

1. Launching GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) yang dipusatkan di Tampusu Sulawesi Utara tahun 2018.

2. Kegiatan HARGANAS (Hari Keluarga Nasional) yang dipusatkan di Kota Manado Sulawesi Utara pada Bulan Juli 2018.

Dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat maka beberapa Inovasi yang dilaksanakan antara lain:

1. TTE (Tanda Tangan Elektronik) dalam rangka percepatan dalam proses pengurusan Adminduk.

2. Dukcapil & KB Daerah Prov. Sulut memiliki semboyan “AKU BAHAGIA” (Administrasi Kependudukan yang membahagiakan), guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan untuk menumbuhkan kesadaran dalam pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan Penunjang ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan).

1. Penerbitan Dokumen Kependudukan Gratis bagi masyarakat.
Secara tidak langsung hal ini merupakan bagian dari kepedulian terhadap mayarakat yang dapat digunakan dalam berbagai kepentingan termasuk didalamnya untuk memperoleh bantuan baik berupa Kesehatan, Pendidikan dan guna kepentingan dalam mencari lapangan pekerjaan dll.

2. Kawin Massal sekitar 80-an pasangan yang belum menikah (kurang mampu).

Kegiatan ini dilaksanakan dirangkaikan dengan kegiatan HARGANAS dan membantu langsung kepada masyarakat yang kurang mampu yaitu pasangan yang sudah hidup bersama namun belum dapat diakui sebagai pasangan suami isteri karena belum disahkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Penghargaan BPS pada Pemprov Sulut
Penghargaan-penghargaan yang diterima:

1. Gubernur Sulawesi Utara menerima penghargaan “Manggala Karya Kencana” oleh Menteri Koordinator Bidang PMK dari BKKBN di event Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI di Kalimantan Selatan pada tanggal 6 Juli 2019, penghargaan tersebut diberikan atas:

Komitmen Gubernur dalam mendukung Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Provinsi Sulawesi Utara.

Keterlibatan Gubernur dalam dukungan penganggaran KKBPK dalam hal ini.

Keberhasilan Gubernur dalam melaksanakan HARGANAS Ke-XXV di Manado, Sulawesi Utara.

Gubernur dengan aktif menghadiri momentum-momentum yang dilaksanakan BKKBN.

Dukungan Administratif Pelaksanaan Program KKBPK di Sulawesi Utara.

2. Penerimaan Penghargaan dari KPU atas kerjasama dan partisipasinya dalam penetapan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2018.

3. Penerimaan Penghargaan dari BPS atas partisipasi Disdukcapil-KB Daerah Prov. Sulut berupa dukungan terhadap persiapan sensus penduduk 2020 (SP2020): “Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan”.

Capaian Kinerja Dinas Dukcapil dan KB Daerah Prov. Sulut dapat dilihat dari tabel berikut ini :
No Uraian 2019
target capaian
1 Laju Pertumbuhan Penduduk 1.1% 1.09%
2 Angka Kelahiran Total (TFR) 15-49 tahun 2.30% 2.1
3 Presentase Kebutuhn ber KB yang tidak terpenuhi (Unmet Needs) 12,4% 5%
4 Angka Kelahiran pada Remaja Usia 15-19 tahun (ASFR 15-19 tahun) 32% 31%
5 Menurunnya Jumlah Keluarga Prasejahtera
6 Tersedianya Profil Kependudukan 2 2
7 Cakupan Peningkatan Kualitas Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Data Base Kependudukan yang Akurat 15 15
8 Rata-Rata Jumlah Anak Per Keluarga 3 anak 3 anak
9 Angka Pemakaian Kontrasepsi bagi Perempuan menikah Usia 15-49 tahun semua cara 68% 68%
10 Angka Pemakaian Kontrasepsi Bagi Perempuan menikah Usia 15-49 tahun cara modern 55% 35%
 Penghargaan KPU atas dukungan dalam proses pemutahiran data pemilihan umum tahun 2019

BIDANG KESEHATAN

Sementara itu, dalam masa pemerintahan gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE tahun 2016 – 2019 tertuang beberapa inovasi dan penghargaan yang dilakukan Dinas Kesehatan Daerah dalam hal ini Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara dengan Pemerintah Pusat dan Lintas Sektor, yakni :

1. Jumlah Kematian Balita menurun dari 266 kasus (2016) menjadi 137 kasus (Nov 2019).

2. Jumlah Kematian Ibu menurun dari 54 kasus (2016) menjadi 44 kasus (Nov 2019).

3. Meningkatkan jumlah Puskesmas yang terakreditasi dari 20 Puskesmas (2016) menjadi 178 Puskesmas (2019) dari total 195 Puskesmas.

4. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI melaksanakan Introduksi imunisasi HPV pada semua anak sekolah perempuan kelas 5 SD di Kota Manado untuk pencegahan primer kanker mulut Rahim, dan program ini akan dilanjutkan ke Kab/Kota yang lain.

5. Pemerintah Provinsi membantu Pemberian Makanan Tambahan berupa Biskuit, Susu dan Suplement juga Tim Ahli Gizi yang terdiri dari Dokter Spesialis Ahli Gizi Klinik, Anak dan Nutrisionist untuk mengatasi masalah Gizi yang ada di 15 Kab/Kota.

6. Penyediaan Sarana Halo Sehat sebagai tempat mendapatkan informasi bidang kesehatan dan PSC 119 sebagai tempat pengaduan masyarakat tentang masalah kesehatan.

7. Pembangunan RS Jiwa di Kalasey dan Pengembangan RS Mata sebagai Pusat Rujukan Kesehatan Jiwa dan Mata Indonesia bagian Timur.

8. Pembangunan RSUD Provinsi Kelas B sebagai Pusat Rujukan kesehatan se Provinsi Sulawesi Utara.

9. Pada Tahun 2018 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mencanangkan Kegiatan Bina Desa Sahabat Kusta yang menjadi salah satu inovasi yang masuk dalam 150 besar penghargaan inovasi Pelayanan Publik Nasional .

10. Tahun 2018 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melakukan Pencanangan Pelayanan kesehatan mental bergerak “Kamu Tidak Sendiri”. Program ini bertujuan menurunkan stigma terhadap kesehatan mental sekaligus mendeteksi dini gangguan mental pada anak dan remaja.

11. Tahun 2018 Kementerian Kesehatan RI memberikan Penghargaan PARAMESTI Kepada Gubernur Sulawesi Utara dalam rangka terbitnya Peraturan tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

12. Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Kesehatan Daerah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan terkait kinerja terbaik ke-2 se Nasional dalam penanggulangan TBC tahun 2018.

13. Penghargaan Tim Pembina Provinsi Sulawesi Utara atas Keberhasilan dalam menyelenggarakan Kab/Kota Sehat tahun 2019 oleh Kementerian Kesehatan.

14. Penghargaan Keberhasilan Terhadap Konsistensi antara Perencanaan dengan Pelaksanaan Anggaran oleh Kementerian Kesehatan tahun 2019. (ADVETORIAL/ DISKOMINFO SULUT)